Header Ads

Hakikat Teori

A.     Teori
Teori Merupakan suatu set atau sistem pernyataan (a set of statement) yang menjelaskan serangkaian hal Sejumlah proporsi yang berintegrasi secara sintaktik untuk memprediksi dan menjelaskan peristiwa-peristiwa yang diamati (Snelbecker, 1974).
Teori mempunyai sifat-sifat sebagai berikut sesuai skema :
1.      Unifying Statement Apakah cara untuk membuat rasa situasi mendistribusikan , sehingga memungkinkan kita yang paling efektif untuk membawa untuk menanggung suara kita merujuk kebiasaan , dan bahkan lebih penting , untuk mengubah kebiasaan atau membuangnya bersama-sama , menggantikan yang baru sebagai tuntutan situasi. Logika yang direkonstruksi , sesuai, teori akan muncul sebagai perangkat untuk menafsirkan , mengkritik , dan hukum yang didirikan pemersatu , memodifikasi mereka untuk menyesuaikan data yang tak terduga dalam formasi mereka , dan membimbing perusahaan untuk menemukan generalisasi baru dan lebih kuat . (Kaplan , 1964. Hal 295 )
Sebuah teori seperangkat konvensi yang harus berisi sekelompok asumsi yang relevan secara sistematis berhubungan satu sama lain dan satu set definisi empiris ( Hall dan Lindsay ). Dalam bentuk yang paling sederhana , teori adalah instruksi simbolis dirancang untuk membawa digeneralisasikan Bahkan ke dalam hubungan sistematis. Hal ini terdiri dari : a) satu set unit (fakta , konsep , variabel ) , dan b) sistem hubungan antara mereka unitnya.
2.      Universal Preposition
Sebuah teori dapat didefinisikan sebagai sebuah badan terpadu definisi , asumsi dan preposisi umum meliputi materi yang diberikan dari mana seperangkat dan konsistensi hipotesis spesifik dan diuji dapat dikurangi secara logis ( Rose , 1953). Sebuah teori umum dibangun di atas fakta ditemukan melalui penggunaan teorema dan model konseptual lainnya dari data empiris dan yang telah dinyatakan dalam bentuk undang-undang , korelasi , atau generalisasi jenis lainnya . Ini melibatkan sintesis dan diarahkan untuk perumusan preposisi tentang universal . ( Abel )
3.      Predictive Statement Sebuah teori terdiri dari generalisasi dimaksudkan untuk menjelaskan fenomena dan generalisasi harus prediktif . ( trevers , 1960)
Kesimpulan : Teori adalah seperangkat konstruk saling terkait ( konsep ). Definisi , dan preposisi yang menyajikan pandangan sistematis fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel , dengan tujuan menjelaskan dan memprediksi fenomena . (Kerlinger , 1973 )

B.     Fungsi Teori
Fungsi Teori sesuai dengan skema adalah sebagai berikut :

  • Mendeskripsikan atau memaparkan suatu masalah praktis dan dapat diterima oleh semua kalangan.
  •  Menjelaskan suatu maslah kompleks dan bersifat umum dan juga ilmiah yang sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.
  • Mendeskripsikan atau memperkirakan bagaimana cara memecahkan suatu masalah yang kompleks atau bersifat umum dengan xara yang ilmiah.

 C. Ciri-Ciri Teori 
  • Sebuah sistem teoritis harus mengizinkan pemotongan yang diuji secara empiris 
  • Sebuah teori harus kompatibel baik dengan teori-teori sebelumnya divalidasi
  • Teori harus dinyatakan dalam istilah yang sederhana , teori yang paling baik yang menjelaskan sebagian besar dalam bentuk yang paling sederhana 

  • Teori-teori ilmiah harus didasarkan pada fakta empiris dan hubungan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.