Resume Teori Belajar Humanistik
A. Konsep Teori belajar
Humanistik
Konsep teori
belajar Humanistik yaitu proses memanusiakan manusia, dimana seorang individu
diharapkan dapat mengaktualisasikan diri artinya manusia dapat menggali
kemampuannya sendiri untuk diterapkan dalam lingkungan. Proses belajar
Humanistik memusatkan perhatian kepada diri peserta didik sehingga
menitikberatkan kepada kebebasan individu. Teori Humanistik menekankan kognitif
dan afektif memengaruhi proses. Kognitif adalah aspek penguasaan ilmu
pengetahuan sedangkan afektif adalah aspek sikap yang keduanya perlu
dikembangkan dalam membangun individu. Belajar dianggap berhasil jika si
pelajar memahami lingkungannya dan dirinya sendiri. Hal yang penting lagi pada
proses pembelajaran Humanisme harus adanya motivasi yang diberikan agar peserta
didik dapat terus menjalani pembelajaran dengan baik. Motivasi dapat berasal
dari dalam yaitu berasal dari diri sendiri, maupun dari guru sebagai fasilitator.
B. Karakteristik Teori Humanistik
(Suprayogi, 2005)
- Mementingkan
manusia sebagai pribadi.
- Mementingkan
kebulatan pribadi.
- Mementingkan
peranan kognitif dan afektif.
- Mengutamakan
terjadinya aktualisasi diri dan self concept.
- Mementingkan
persepsual subjektif yang dimiliki tiap individu.
- Mementingkan
kemampuan menentukan bentuk tingkah laku sendiri.
- Mengutamakan
insight (pengetahuan/pemahaman).
C. Prinsip teori Humanistik
1. Manusia memiliki kemampuan alami untuk belajar.
2. Belajar menjadi signifikan apabila apa yang dipelajari memiliki relevansi dengan keperluan mereka.
3. Belajar yang menyangkut perubahan di dalam persepsi mengenai dirinya.
4. Tugas belajar dapat lebih diterima dan diasimilasikan apabila ancaman
dari luar itu semakin kecil.
5. Bila
ancaman itu rendah terdapat pengalaman siswa dalam memperoleh cara.
6. Belajar
yang bermakna diperoleh jika siswa melakukannya.
7. Belajar
lancar jia siswa dilibatkan dalam proses belajar.
8. Belajar
yang melibatkan siswa seutuhnya dapat memberi hasil yang mendalam.
9. Kepercayaan
pada diri siswa ditumbuhkan dengan membiasakan untuk mawas diri.
10. Belajar
sosial adalah belajar mengenai proses belajar.
D. Implementasi terhadap
Pembelajaran
Dalam teori
Humanistik Guru bertindak sebagai Fasilitator, sehingga disini guru mempunyai
banyak tugas diantaranya :
1. memberi perhatian dan motivasi
2. membantu untuk memperoleh dan memperjelas
tujuan-tujuan perorangan di dalam kelas dan juga tujuan-tujuan kelompok yang
bersifat umum
3. Memahami karakteristik siswa
4. mengatur dan menyediakan sumber-sumber
untuk belajar
5. Dapat menyesuaikan dirinya bersama siswanya
6. Berbaur dengan siswanya, berkomunikasi dengan
sangat baik bersama siswanya
7. Dapat memahami dirinya dan tentunya agar dapat
memahami siswanya
8. Dalam penerapan
teori belajar humanistik proses lebih diutamakan daripada hasil, dimana proses
dari penerapan teori belajar humanistik antara lain :
9. Merumuskan tujuan belajar yang jelas
10. Mengusahakan partisipasi aktif siswa
melalui kontrak belajar yang bersifat jelas , jujur dan positif.
11. Mendorong siswa untuk mengembangkan
kesanggupan siswa untuk belajar atas inisiatif sendiri
12. Mendorong siswa untuk peka berpikir
kritis, memaknai proses pembelajaran secara mandiri.
E.
Tokoh-tokoh teori humanistik
1. Abraham
Maslow
Teori Maslow
didasarkan pada asumsi bahwa di dalam diri individu ada dua hal :
(1) suatu
usaha yang positif untuk berkembang.
(2) kekuatan
untuk melawan atau menolak perkembangan itu.
Berkaitan
dengan pendapat tersebut Maslow mengemukakan adanya 5 tingkatan kunci kebutuhan pokok manusia. Kelima tingkatan
kebutuhan pokok inilah yang kemudian dijadikan pengertian kunci dalam
mempelajari motivasi manusia. Karena sesungguhnya dalam teori humanistik ini
sangat diperlukannya motivasi. 5 tingkatan tersebut antara lain :
2. Carl Sam
Rogers
Carl Sam
Rogers mengemukakan Kebutuhan
individu ada 4 yaitu : (1) pemeliharaan, (2) peningkatan diri, (3) penghargaan
positif (positive regard) dan (4) Penghargaan diri yang positif (positive
self-regard).
Belajar yang paling berguna secara
sosial di dalam dunia modern ini adalah belajar mengenai proses belajar, suatu
keterbukaan yang terus menerus terhadap pengalaman dan penyatuannya ke dalam
diri sendiri mengenai proses perubahan itu.
3. Arthur
Combs
Arthur
mengemukakan bahwa Belajar
terjadi bila mempunyai arti bagi individu. Guru tidak bisa memaksakan materi
yang tidak disukai atau tidak relevan dengan kehidupan mereka. Untuk mengerti tingkah laku manusia,
yang penting adalah mengerti bagaimana dunia ini dilihat dari sudut pandangnya.
Pernyataan ini adalah salah satu dari pandangan humanistik mengenai perasaan,
persepsi, kepercayaan, dan tujuan tingkah laku inner (dari dalam) yang membuat
orang berbeda dengan orang lain. untuk mengerti orang lain, yang terpentng
adalah melihat dunia sebagai yang dia lihat, dan untuk menentukan bagaimana
orang berpikir, merasa tentang dia atau dunianya
F. Kelebihan dan kekurangan Teori
Humanistik
Kelebihan :
- Bersifat pembentukan kepribadian, hati
nurani, perubahan sikap, analisis terhadap fenomena sosial.
- Siswa merasa senang, berinisiatif dalam
belajar.
- Guru menerima siswa apa adanya,memahami
jalan pikiran siswa.
- Siswa mempunyai banyak pengalaman yang
berarti.
- Menjadikan siswa lebih kreatif dan mandiri;
membantu siswa memahami bahan belajar secara lebih mudah.
- Indikator dari keberhasilan aplikasi ini
ialah siswa merasa senang dan bergairah.
- Terjadinya perubahan pola pikir.
- Siswa diharapkan menjadi manusia yang
bebas, berani, tidak terikat oleh pendapat orang lain dan mengatur pribadinya
sendiri secara tanggung jawab tanpa mengurangi hak-hak orang-orang lain atau
melanggar aturan, norma, disiplin, atau etika yang berlaku.
- Siswa dituntut untuk berusaha agar lambat
laun mampu mencapai aktualisai diri dengan sebaik-baiknya.
Kekurangan :
- Bersifat individual.
- Proses belajar tidak akan berhasil jika
tidak ada motivasi dan lingkungan yang mendukung.
- Sulit diterapkan dalam konteks yang lebih
praktis.
- Peserta didik kesulitan dalam mengenal diri
dan potensi-potensi yang ada pada diri mereka.
- Siswa yang tidak mau memahami potensi
dirinya akan ketinggalan dalam proses belajar.
- Siswa tidak aktif dan malas belajar akan
merugikan diri sendiri dalam proses belajar.
- Peran guru dalam proses pembentukan dan
pendewasaan kepribadian siswa menjadi berkurang.
- Keberhasilan proses belajar lebih banyak ditentukan
oleh siswa itu sendiri.
Referensi :
Persentasi Kelompok 4 Teori Belajar Humanistik
makasi atas resumenya. sangat membantu
BalasHapusSama-sama semoga bermanfaat ya
HapusSama-sama semoga bermanfaat ya
Hapussangat bermanfaat untuk tugas sya terima kasih.
BalasHapusSama-sama semoga bertamha ilmu juga
HapusSama-sama semoga bertamha ilmu juga
HapusTerimakasih tulisannya.
BalasHapusMy blog
terimakasih blog nya
BalasHapushttp://http%3A%2F%2Fblog.binadarma.ac.id%2Fherisuroyo%2F.wordpress.com
GOOD ARTIKEL
BalasHapushttp://http%3A%2F%2Fblog.binadarma.ac.id%2Firman_effendy.wordpress.com
terima kasih
BalasHapusMy blog
Terimakasih
BalasHapushttp://Http%3A%2F%2Fblog.binadarma.ac.id%2FVivi.wordpress.com
Terimakasih
BalasHapushttp://Http%3A%2F%2Fblog.binadarma.ac.id%2FVivi.wordpress.com
Terimakasih telah menjadi inspirasi dan referensi bagi kami
BalasHapushttps://www.dasarguru.com/teori-belajar-humanistik-dan-penerapannya/
Salam Hormat,
Jika di sertakan contohnya pasti lebih bagus
BalasHapusMenangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com
BalasHapusKelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI
8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66
Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com
Sangat membantu artikelnya.... terimakasih
BalasHapusTerima kasih karna materi ini bermanfaat untuk tugas saya.
BalasHapusTerima kasih untuk artikelnya.. .
BalasHapusThanks sangat bermanfaat
BalasHapusTerimakasih semoga bermanfaat.semiga saya lolos skb taken ini
BalasHapusRani H.. Mahasiswa PJJ Universitas Terbuka
BalasHapusTerima kasih materinya begitu bagus.. izin mencopy dan mengutip untuk bahan tugas mata kuliah saya
Terimakasih materinya begitu singkat dan mudah dimengerti. Izin untuk mengcopy sama mengutip untuk bahan tuvas ya kak
BalasHapussangat bermanfaat izin mengcopy
BalasHapusTerimakasih atas resume'nya sangat membantu
BalasHapusterimaksih
BalasHapusI Like Your Artcile. This Article is Amazing and Easy Tp Understand
BalasHapusClick Here
halo apakah saya boleh meminta refensi mengenai teori pembelajaran humanistik ?
BalasHapussaya membuthkan banyak jurnal serta referensi mengenai teori tersebut
Makasih
BalasHapus