Header Ads

Ketika dunia sudah membosankan saatnya meng-upgrade diri

A’a Gym pernah mengatakan bahwa”Kita semua punya waktu yang sama dalam sehari, yaitu 24 jam. Bintang kelas 24 jam, yang tinggal kelas juga 24 jam. Ada yang dalam waktu 24 jam bisa ngurus negara, ngurus keluarga dan lain-lain. Namun, ada yang dalam 24 jam ngurus diri sendiri saja tidak bisa.” Pikiranku kembali terbang mengitari nama-nama orang yang telah mengukir prestasi dan membuat sejarah dalam kehidupan ini. Semakin kuingat nama mereka, semakin malu aku dengan prestasi mereka. Karena seperti kata A’a Gym tadi, kita punya waktu yang sama tetapi kenapa prestasi kita berbeda-beda. 

Jelas sudah, hal yang membuat perbedaan itu adalah cara kita mengisi waktu ini. Banyak pesan-pesan bijak yang mengingatkan kita untuk berhati-hati dengan waktu. Waktu adalah sesuatu yang kita dapatkan setiap hari tetapi terkadang kita lupa kalau itu ada batasnya. Seketika kita sadar kalau waktu kita terbatas hidup di dunia ini, semua biasanya sudah terlambat. Tinggal penyesalan saja. Sayangnya, penyesalan tidak akan membuat waktu yang tersisa menjadi lebih berharga.
Secara singkat kita bisa mengatakan,”Jika pandai mengisi waktu, banyak kesempatan yang akan datang.” Kesempatan tidak pernah datang sendiri tanpa diciptakan. Tidak akan pernah ada seorang bos Bank yang mendatangi seseorang yang hanya berdiam diri saja dirumah untuk menawarkannya kerja di tempatnya.  Kesempatan kerja di Bank akan terbuka bila orang itu mulai berbuat, yang artinya mulai mengisi waktu yang bisa membuka kesempatannya untuk bisa kerja di Bank. Hal yang serupa juga akan terjadi kepada seseorang yang punya mimpi untuk bisa kuliah keluar negeri tetapi tidak pernah berbuat dan mengisi waktunya dengan hal-hal yang bisa membuka peluang untuk mewujudkan mimpi tersebut. 

Namun, memang ada kalanya pikiran kita diselimuti kabut kebingungan yang membuat kita tidak bisa berpikir jernih dan memutuskan hal-hal dengan jelas. Kitapun bingung mau mengerjakan dan melakukan apa. Ini hal yang lumrah terjadi. Semua orang mengalami hal tersebut selama mereka masih menyandang label ‘Manusia’. Hanya saja, apakah itu tanda kita harus berhenti? Jawabnya, ‘bukan!’ Bahkan walaupun kita menganggap ini adalah tanda kita untuk berhenti, ini hanyalah waktu untuk berhenti sejenak layaknya sebuah mobil yang harus berhenti beberapa menit di POM bensin untuk mengisi bahan bakar. Kalau kata Robert H. Schuller,”Problems are not stop signs, they are guidelines.”

Kita sering mendengar kata-kata bahwa segala sesuatu didunia ini pasti berubah dan satu-satunya yang tidak berubah hanyalah perubahan itu sendiri. Sayangnya, kita jarang meletakkan kalimat tersebut sebagai cermin terhadap diri kita sendiri. Sudah berubahkah kita? Sudah berapa jauhkah kita berubah? Perubahan dalam artian, bertambah pengetahuan, bertambah kemampuan serta bertambah matang sikap kita dalam menghadapi hidup ini. Tidak mungkin menghadapi sesuatu yang terus berubah dengan sesuatu yang sama terus dari waktu ke waktu. Disaat kita melihat seorang anak bayi, kita menggunakan kata-kata yang lucu dan kekanak-kanakkan untuk menarik perhatiannya. Tetapi, jangan coba-coba melakukan itu disaat bayi itu sudah dewasa. 

Pada dasarnya disaat kita bertanya,”Mau mengerjakan apa ya? Koq kayaknya ngak ada yang bisa dikerjain atau koq bosan sekali ya rasanya,” itu adalah sebuah tanda untuk kita. Tanda bahwa diri kita sudah waktunya untuk di upgrade. Di upgrade dalam hal pengetahuan dan kemampuan. Ini juga indikasi bahwa diri kita sudah old fashioned dan new fashions sudah di released. Bila kita tidak segera meng-upgrade diri kita dengan features yang terbaru. Orang-orang diluar sana tidak akan tertarik pada kita dan pada akhirnya kita akan diobral atau masuk gudang. Mungkin kalimat-kalimat ini terdengar berlebihan, tetapi yakinlah, hal seperti itulah yang akan terjadi pada diri kita disaat tidak berubah. 

Disaat kita meng-upgrade diri, waktu yang ada akan terpakai dengan baik. Bila waktu yang ada sudah digunakan dengan baik, maka kesempatan baru akan berdatangan. Jika sudah begitu, prestasi demi prestasi pasti akan terukir dengan sendirinya. Mari Upgrade diri untuk melenjitkan potensi diri, semangatttt!!! :) 

Ingat pesan Rasulullah,” Tidak akan bergeser kedua kaki anak Adam pada hari kiamat sebelum ditanya tentang 4 perkara : Tentang umurnya untuk apa ia habiskan, masa mudanya untuk apa ia gunakan, hartanya dari mana diperoleh dan kemana dibelanjakan, dan ilmunya, apa yang diamalkannya.” (HR. Tirmidzi)

1 komentar:

  1. 3 westcott scissors titanium steel - titanium-arts
    3 westcott properties of titanium scissors titanium steel. 3 westcott scissors titanium titanium teeth dog steel. 3 2020 ford edge titanium for sale westcott scissors titanium steel. 3 westcott scissors titanium titanium hair steel. 3 ford escape titanium 2021 westcott scissors.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.