Header Ads

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Artikel Tips Memilih Jurusan Kuliah ini dibuat untuk kamu yang sedang bingung memilih jurusan yang tepat. Kenapa ini penting? Karena jurusan yang kamu pilih akan menentukan empat tahun kamu di universitas/ perguruan tinggi (PT), tetapi seluruh masa depan kamu hingga mati (sepertinya tidak berlebihan). Karena itu, jika menurut kamu ini benar maka silahkan baca beberapa Tips Memilih Jurusan Kuliah berikut ini:

1. Jurusan Kuliah Sesuai dengan Minat

Bagian paling penting dari point ini adalah minat, pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat kamu. Jangan sekali-sekali memilih jurusan yang tidak kamu senangi, kebanyakan orang seperti ini akan kesulitan dalam menjalani masa perkuliahannya karena dari hatinya tidak memiliki interest terhadap apa yang dipelajari. Beberapa penyebab ketidaksesuain minat adalah karena ikut-ikutan teman, asal pilih jurusan yang mudah, dan disuruh orang tua. 


2. Jurusan Kuliah Sesuai Bakat

Bakat bisa terlahir dari minat, atau sebaliknya, jarang orang yang minat dan bakatnya berbeda. Kalaupun berbeda, biasanya minatnya akan disesuaikan dengan minat. Bakat bisa terlihat dari prestasi apa yang kita capai saat masih sekolah dulu. Mungkin ada yang berbakat matematika, ada yang olah raga, ada yang seni. Kesesuaian bakat akan membantu kamu dalam mengembangkan bakat tersebut dan juga lebih memudahkan kamu dalam perkuliahan. 


3. Jurusan Kuliah sesuai Cita-cita
Apa yang kamu bayangkan tentang diri kamu 5 tahun kedepan? 10 tahun kedepan? 20 tahun kedepan? Masa itu benar-benar ditentukan hari ini, saat ini juga. Cita-cita adalah tentang keberanian untuk menggapainya, tentukan cita-cita kamu, dan pilihlah yang paling sesuai. 


4. Kumpulkan Informasi Sebanyak Mungkin

Informasi yang kamu perlukan banyak sekali, termasuk artikel yang sedang kamu baca ini. Namun yang paling penting adalah, informasi tentang bagaimana peluang kerja setelah lulus nanti, mungkin ini agak kontradiktif dengan minat, bakat dan cita-cita, tapi kita tidak bisa menutup mata dengan kondisi negara kita saat ini. Tapi kalau kamu memang ada niat dan sungguh-sungguh, jurusan apapun yang kamu pilih tidak akan menjadi masalah saat selesai kuliah nanti.

Setelah kamu menentukan jurusan yang tepat dan sesuai dengan kamu, kamu dapat membaca Tips Memilih Universitas/ Perguruan Tinggi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.