Header Ads

Latihan Meningkatakan Kemampuan Otak Kanan PART2


Jurnal Harian adalah salah satu cara melatih ingatan.Anda dituntut untuk menulis kejadian yang anda lihat,rasakan,cium,dengar.Dengan latihan ini diharapkan dapat menyempurnakan memori ingatan anda dalam mengingat hal yang baru saja terjadi.








Akan ada 5 latihan yang jalani :

1.“biasakan fokus”

2.“jurnal harian

3.“latihan yang asyik”

4.“metode roman room”

5.“buat kagum teman-teman anda”



LATIHAN 2 “Jurnal harian”


Bagaimana dengan “latihan 1” ?apakah ingatan otak sudah melejit?

saya tidak ingin munafik,saya yakin belum mendapatkan perubahan ingatan yg berarti di dalam otak.Tapi percayalah,ada yang berubah dengan otak kalian.oke,,sebelum memulai latihan 2 dalam artikel saya.Ketahuilah latihan pertama adalah “kunci” untuk membuka gerbang bernama “aktifasi otak kanan”.Saya yakin di telinga,kata-kata itu terdengar “lebay”.Tapi apapun itu,semuanya akan membantu anda ,seperti ingatan memory pada sebuah computer.


Semuanya ditentukan dari komitmen anda dalam mengikuti setiap latihan yang saya berikan,apakah anda ingin mengingat segala sesuatu dalam kehidupan,seperti sebuah computer yg mengkopi data dari “folder” lain,atau yaahh… hanya ingin sekadar membuat teman2 atau keluarga terpukau dengan kemampuan anda dalam mengingat puluhan angka,atau setumpuk kartu remi dalam hitungan menit.

Pilihan terakhir yaitu hanya sekadar membaca artikel saya,dan sudah merasa cukup dengan ingatan yg anda miliki dalam otak saat ini,pilihan itu semua ada di tangan anda.





Latihan 2 yang akan saya berikan kali ini adalah salah satu latihan yang terpenting dalam otak,jurnal harian,seperti judulnnya bukan hanya sekadar,sebuah buku harian yang didalamnya berisi pengalaman pada satu hari. Jurnal harian yg seperti itu dibuat dg otak kiri !!!
Artikel sederhana :


Contoh jurnal harian “otak kiri”


Hari ini seperti biasa aku berangkat kesekolah diantar oleh ayahku naik sepeda motor,hari ini cukup mengkhawatirkan karena karena aku berangkat mungkin sedikit kesiangan.Ketika di perjalanan pun aku selalu menginstruksikan agar ayahku menjalankan sepeda motornya lebih cepat.sampai di suatu jalan,hal yang paling tak kusangka terjadi,bensin motorku habis,padahal butuh waktu lama untuk menuntun sepeda motor sampai ke POM bensin.Setelah bensin terisi dan sampai di sekolah.Akupun harus menerima bahwa aku terlambat masuk,dan harus menerima hukuman.

Contoh jurnal harian “otak kanan”


Hari ini hari yang memusingkan,walaupun aku bangun pagi pukul 04.30.Aku menghabiskan waktu hingga matahari terbit dg bersantai-santai.Pukul 05.30 kusiap berangkat sekolah,menghambil handuk diatas jok sepeda motor berwarna kuning kombinasi hijau,lalu mandi.Selesai mandi pukul 05.45 aku mulai mencari seragam sekolahku,dan disitulah titik kebingunganku.Aku mencari kesana kemari,awalnya aku bertanya pada ibu namun ia tak tahu,aku mencari di lemari putih ruang depan,ada 3 sekat pada lemari itu,setiap sekat terdiri dari tumpukan baju,aku mencarinya mulai dari sekat pertama,pada sekat kedua,baju ham putih menarik perhatianku,dan ketika kutarik ternyata baju ham milik ayahku bertuliskan merek-merek sabun detergen di bagian punggung bajunya.Sarapan kulupakan, minum pun tidak,aku terus mencarinya,dibawah kursi,diatas lemari coklat ruang tidur justru aku mencium bau yg sangat menyebalkan seperti bau kotoran tikus.dst…..


Anda dapat menemukan perbedaanya? Bukan hanya dari panjang cerita,tapi juga dari isi cerita,seperti yang saya bahas pada latihan 1 otak kiri cenderung hanya menganggap “ada” suatu kejadian,namun tidak benar 2 melihatnya.Jika anda berpikir otak kanan jauh lebih rumit,maka anda salah,yang menciptakan semua deskripsi itu adalah otak kiri,otak kanan dg simple dan sederhana hanya memberikan sebuah gambaran nyata tentang suatu gambar/kejadian,sementara otak kirilah yang mendeskripkannya.
Sekarang adalah saatnya saya meminta komitmen dalam mengikuti latihan diatas.Saya ingin kalian menyisihkan sedikit waktu di malam hari untuk sekadar menulis jurnal harian.Tulislah apa yg ada di otak kanan kalian,tulislah bau apa? Warna apa ? Rasa apa ?bukan sekadar menulis pengalaman.Lakukan ini selama 1 minggu kedepan dan perhatikan betapa sempurnanya otak anda.


Bukan hanya itu,buatlah semacam tabel berisi 2 kolom yang didalamnya terdapat kolom "kata kunci" dan kolom "penjabaran" sesuai dengan jurnal harian yang anda tulis.Misal : saya menuliskan kata kunci : handuk kuning kehijauan. Dan pada kolom penjabaran saya tulis "mandi dengan terburu-buru"

Lalu apa fungsinya bagi daya ingat anda? banyak! jurnal harian ini berguna melatih daya ingat kejadian yg baru saja terjadi.Ini akan sangat berguna untuk latihan selanjutnya yang akan dijalani yaitu latihan "mengingat angka dan kartu".

Kata kunci berguna agar tidak terlalu bergantung pada "kompleksnya" bahasa.Kita dapat meringkasnya yang seketika itu akan langsung mengingatkan kita pada suatu peristiwa,itu mempermudah kita,sehingga tidak perlu lagi membuka jurnal harian yg kita tulis,cukup melihat kata kunci.Untuk lebih detail mengenai tabel unsur dan tabel katakunci silahkan baca :

Menjadi Jenius Dengan Jurnal Harian

lanjut ke “latihan yang asyik”


Source: http://kolaksetop.blogspot.com/2012/06/melejitkan-daya-ingat-otak-dengan_9043.html




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.