Header Ads

Latihan Meningkatkan Kemampuan Otak Kanan PART3

Asosiasi dan visualisasi adalah factor terpenting dalam membentuk sebuah gambaran yang nyata didalam otak.Dan bumbu terakhir adalah dengan menambahkan Imajinasi dan sedikit “Humor”.Untuk melatihnya saya telah menyiapkan beberapa latihan sederhana




Akan ada 5 latihan yang jalani :

1.“biasakan fokus”

2.“jurnal harian

3.“latihan yang asyik”

4.“metode roman room”

5.“buat kagum teman-teman anda”



LATIHAN 3 ‘Latihan yang asyik’

Sobat yang saya cintai,saya tahu anda mulai bosan dg artikel saya tentang  ini,tapi percayalah,tinggal selangkah lagi anda akan mengejutkan teman2 dan keluarga anda dg permainan angka/kartu anda.

 Saya tahu bahwa kata ”asyik” judul diatas terdengar berlebihan.Maksutku,ayolah?kegiatan apa yang lebih asyik ketimbang memperhatikan layar kaca tv,bermain game,bermain hp,atau hanya sekedar tidur2an di rumah.Siapa orang yang peduli dengan seseorang yg dapat “menelan” 1 pack kartu remi,atau ratusan butir angka dalam otaknya ?Atau siapa yg mau menghabiskan waktunya hanya untuk mengikuti latihan “konyol” untuk “aktifasi otak kanan”? Bahkan bagi orang yg baru melihat artikel ini pun ia akan langsung menyingkirkan rasa ketertarikannya.Tapi jika anda merasa bukan orang yg saya sebutkan diatas,dan anda sudah “terjebak” dalam artikel saya ini.Maka lanjutkanlah !

Dan buat teman2 atau keluarga anda kagum dg ingatan anda yang melejit dalam “permainan” angka/kartu yg anda pertunjukan.

Yang akan saya berikan Pada Latihan 3 yaitu latihan sederhana.Bagaimana agar anda dapat “melihat” gambar yang nyata didalam pikiran.Ketahuilah,otak kanan anda tidak hanya menyimpan gambar statis,tetapi juga menyimpan sebuah pengalaman yg ‘”bergerak”.

Sekarang juga saya meminta anda mengambil sebuah buku apapun,dan bacalah buku itu dalam keadaan terbalik 180 derajat.Awalnya saya yakin anda kesulitan,namun otak anda akan mulai terbiasa dg kondisi yg anda ciptakan sendiri.Lakukan itu diwaktu luang anda.

Berikut ini saya akan memberikan beberapa contoh kata.Saya memberi anda 2 kata misal buku dan kipas,maka asosiasikan kedua kata itu menjadi sebuah “pengalaman” nyata dalam otak anda.Maka yg saya bayangkan dalam otak yaitu sebuah kipas yang bukan hanya mengeluarkan angin tetapi juga mengeluarkan lembaran2 kertas yg membentuk sebuah buku.Mudah bukan ?



Namun itu saja belum cukup untuk meningkatkan daya ingat otak,seperti yg saya katakan berulang kali,gunakan 5 macam indra di dalam otak?

Anda baru menggunakan 1 macam indera otak saja,yaitu mata untuk “melihat”.Masih dalam konteks buku dan kipas tadi ,cobalah tambah unsur suara dalam otak anda,missal bayangkan dalam otak anda suara kertas yg saling bergesekan satu sama lain,lalu tambahkan lagi seperti bau kertas.Apa “bau”?ya,,bau.Saya tahu di dalam otak anda tidak tersimpan data dg folder berjudul “bau kertas”.Namun cobalah,cium bau kertas asli,rasakan bedanya dg bau biasa,kemudian bayangkan dalam otak anda.Untuk indra perasa buka mulut anda dan rasakan hembusan angin dari kipas dalam otak anda.Selanjutnya bayangkan kumpulan kertas2 itu terbang berhamburan meliputi seluruh tubuh anda,bayangkan secara “nyata” kertas2 itu menyentuh leher anda,menutupi muka anda,dan bersentuhan langsung dg bulu2 kuduk diseluruh tubuh anda.Dengan begitu otak anda tidak hanya menyimpan sebuah gambar,tetapi sebuah pengalaman yg bergerak.

Praktekan dg kata2 berikut ini :

Kucing dan piring 

gajah dan aquarium

 sikat dan tabung gas

 kalender dan gorilla

Kenapa ? ada yg aneh ? jangan berpikir “ada yg aneh” di dalam otak anda.Karena semua biasa terjadi di dalam otak.Apa anda bertanya,apa yg dapat saya asosiasikan dari kata gajah dan aquarium?Apa hubungan antara gajah dan aquarium?Apa pun hubungannya,pasti tiba-tiba terlintas suatu “bisikan” dari otak anda.Dan tugas anda yaitu menangkap pikiran itu secepat mungkin.Jangan pedulikan betapa anehnya imajinasi anda,terima saja.Dan jangan lupa,gunakan 5 unsur indra.

Kombinasikan latihan “membayangkan” diatas dg latihan “membaca buku terbalik”.Ketika anda membaca buku secara terbalik,pilih dua kata secara acak,lalu buat sebuah pengalaman dg dua kata tersebut.Mudah bukan ?

Pada latihan 4 nanti anda akan mulai mempelajari dasar “permainan” yg menakjubkan,jadi ketika anda sudah melakukan latihan 3 diatas,well,langsung aja.



source : http://kolaksetop.blogspot.com/2012/06/melejitkan-daya-ingat-otak-dengan_2892.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.