Header Ads

Latihan Meningkatkan Kemampuan Otak Kanan PART4

Metode Roman Room sebenarnya bukanlah cara modern dalam mengingat.Seperti namanya “Roman” artinya adalah Romawi,itu artinya metode ini sudah digunakan sejak zaman Romawi kuno dan kemudian muncul lagi sekarang.Ingin tahu lebih lanjut ? 


 


Akan ada 5 latihan yang jalani :

1.“biasakan fokus”

2.“jurnal harian

3.“latihan yang asyik”

4.“metode roman room”

5.“buat kagum teman-teman anda”


LATIHAN 4 “Metode roman room” 

Well,kali ini dalam artikel saya  kali ini melanjutkan dari latihan 3.Pasti sobat2  kolaksetob udah gak sabar lagi.Tapi tenang,kita belum sampai pada tahap latihan “permainan”,kita baru akan mempelajari “cara” permainan otak itu.

Metode roman room.Ini bagaikan sebuah kunci ! Untuk membuka ingatan “super” kalian dalam mengingat angka ataupun kartu.Seperti namanya metode roman room,”room” artinya ruangan.Itu artinya apa yg akan kita lakukan kali ini ada hubungannya dengan “ruangan”.Yaitu kita akan membangun ruang ingatan dalam metode melejitkan otak.Kita menyebutnya "membuat roman room"

Hampir setiap ruangan berbentuk balok.Berdirilah pada suatu ruangan di rumah anda,sudah?Oke,tepat di depan mata adalah no.4.Mengerti?.Karena bagian sudut sebelah kiri adalah nomor 1.Lalu dinding sebelah kiri adalah nomor 2.

Bagi kalian yang belum paham,saya jelaskan,dalam sebuah ruangan ada dua bentuk,ada sudut dan dinding.Tengoklah sudut ruangan pada sebelah kiri belakang. itu no.1,ada barang apa disana? Kalau meja,ingatlah pada otak disudut no.1 ada meja.

No.2 yaitu “dinding” tepat disamping kiri,maka susunannya apabila saya tuliskan :

1.sudut-2.dinding-3.sudut-4.dinding-5sudut-6.dinding-7.sudut-8dinding-9.lantai-10.atap

Sekarang saya yakin kalian sudah mengerti,tapi untuk apa semua latihan itu?nanti akan saya beritahu,yang jelas tugas anda sekarang adalah ini :

Ingat setiap benda yang ada pada dinding atau sudut pada ruangan menjadi sebuah ingatan permanen dalam ingatan otak anda,akan saya beri contoh :

1.sudut-aquarium

2.dinding-sepeda

3.sudut-pintu coklat

4.dinding-sepeda motor,dan seterusnya hingga lantai dan atap

Selanjutnya, tinggal membentuk “roman room” dg ruangan sendiri.Kalaupun ada lebih dari satu benda disana,apabila otak mampu ,,.hafalkan! Namun lebih baik pilih satu benda saja.

Jika kesulitan dalam menghafal potonglah 10 potoh kertas kecil,tulis dg angka 1,2,3 dst,masukkan kertas itu dalam topi dan kocok,lalu keluarkan satu kertas,berapa angka yg muncul,tebak benda apa yg ada pada bagian sudut/dinding tersebut.Lakukan latihan itu 2-3 kali.

Untuk hari ini saya harap setidaknya sudah memiliki 1 “roman room” artinya anda sudah hafal satu ruangan dalam ingatan otak,dan akan semakin baik jika lebih banyak.Para master ingatan dalam USA Memory Champion ships,harus dapat menghafal puluhan,bahkan ratusan ruangan dalam otaknya.Mereka membutuhkan banyak "roman room" untuk menghafal ratusan objek.Tapi ingat saya paling tidak menganjurkan seorang yg baru belajar metode roman room,terlalu memaksakan kapasitas ingatan otaknya.Percayalah,ini belum saatnya.

Sekarang,untuk mengetes kemampuan “roman room” ,saya meminta anda menghafal 10 kata yg tdk memiliki hubungan satu sama lain :

Katak,sikat,kalender,tapi,kenapa,gelas,laptop,botol plastic,wortel,kamus.

Oke,caranya mudah,gunakan metode “roman room”.Jika pada sudut no.1 ada aquarium,maka bayangkan dalam otak seekor katak sedang melompat masuk kedalam aquarium,begitu juga dg kata sikat dan kalender.Namun ingat,jangan sampai lupa gunakan 5 indra,katak yg melompat kedalam aquarium saja tidak cukup,tambahkan bunyi suara “pluk” ketika katak itu menceburkan dirinya ke air,lalu bayangkan cipratan airnya mengenai wajah anda,bayangkan itu secara nyata ! Dan tambahkan unsur2 lainnya dalam ingatan otak.

Tapi bagaimana dg kata “tapi” dan “kenapa”?bukankah itu kata yg abstrak ?tidak dapat divisualisasikan ?Disini saya memperkenalkan metode mnemonic,salah satunya yaitu persamaan bunyi,secara spontan dalam pikiran saya kata “tapi” langsung berupah menjadi kata “topi” dan kata “topi” berubah dalam otak saya menjadi gambar seseorang yg saya kenal/selebritis yang suka memakai “topi”.Untuk kata “kenapa” mungkin sulit menemukan persamaan bunyi yg cocok,gunakan saja “apa yg ada”.

Secara spontan ketika mendengar kata “kenapa” otak saya langsung menggambarkan seorang politikus di acara televisi,sedang berdebat dan berkali-kali meyebutkan kata “kenapa ?”.Sekali lagi,jangan berpikir mengapa otak berpikir seperti itu,dan sekali lagi itu adalah “imajinasi”

Saya yakin dg metode diatas 10 kata itu bukan apa2.Bahkan kalian dapat meyebutkannya dari depan,belakang,dan acak.Namun jangan kagum dulu, pada latihan 5 nanti kalian baru akan terkagum-kagum dg ingatan yg dapat “menelan” satu pack kartu remi atau puluhan butir angka.

Lanjut ke “buat kagum teman-teman anda”


source : http://kolaksetop.blogspot.com/2012/06/melejitkan-daya-ingat-otak-dengan_2178.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.