Header Ads

Pengembangan Fungsi Manajemen Pendidikan dan Pelatihan

Organization and Management Training
Dalam pengorganisasian dan manajemen pelatihan dilakukan proses terencana meliputi pengumpulan data, Quality Circle, Team Building, dan Sensitivity Training.  Pengumpulan data berasal dari unit organisasional menggunakan kuesioner, wawancara, dan data objektif. Quality circle dilakukan dengan diskusi mengenai masalah-masalah, penyebabnya, dan solusi-solusi untuk mengambil tindakan perbaikan. Team Building dilakukan untuk mengembangkan kelompok kerja yang efektif dan keterampilan-keterampilan kooperatif dalam organisasi. Sensitivity Training dilakukan dengan sejumlah individu yang bertemu dalam situasi yang tidak terstruktur akan mengembangkan hubungan kerja.

Selecting and Developing HRD staff
HRD adalah suatu proses yang menangani berbagai masalah pada ruang lingkup tenaga kerja untuk menunjang aktifitas organisasi. Dalam pengembangan HRD terdapat pelatihan  yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam hal Human Resource Management Development. Sehingga diharapkan mampu memberikan kontribusi untuk kemajuan HRD dan berdampak baik pada kemajuan organisasi peserta pelatiahan.

Diversity Training and Development
No
Pembeda
Pelatihan
Pengembangan
1
Fokus
Aspek kemampuan spesifik
Aspek kapasitas dalam penugasan
2
Jangkawaktu
Pendek
Panjang
3
Tujuan
Melakukan pekerjaan saat ini
Menangani penugasan dimasa yad
4
Hasilnya
Langsung&Cepat
Tidaklangsung
5
Pengukuran efektivitas
Penilaian kinerja, analisis biaya, tes kelulusan, sertifikasi
SDM yang siap di tugaskan, promosi
Keunggulan kompetitif














DAFTAR PUSTAKA

Sastradipoera, Komaruddin. (2006). Pengembangan dan Pelatihan; Suatu Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 1. Bandung: Kappa-Sigma.
Khoiri, Ahmad. (2015). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. [Online]. Diakses dari https://ahmadartkhoiri.wordpress.com/2015/02/03/pelatihan-dan-pengembangan-sumber-daya-manusia/.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.